Sejalan dengan perbaikan ekonomi nasional, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat pada tahun 2016 mengalami peningkatan dibandingkan pertumbuhan tahun sebelumnya Laju pertumbuhan PDRB Kalimantan Barat tahun 2016 mencapai 5,22% lebih tinggi dibanding tahun 2015 sebesar 4,86%. Seluruh lapangan usaha ekonomi PDRB pada tahun 2016 mencatat pertumbuhan yang positif. Pertumbuhan ekonomi tertinggi dicapai oleh lapangan usaha Pengadaan Listrik dan Gas sebesar 21,94% dan Lapangan usaha Pertambangan dan Penggalian sebesar 21,56%. Pertumbuhan ekonomi terendah terjadi pada lapangan usaha Jasa Pendidikan sebesar 1,55%.

Berdasarkan hasil kajian PT.Sinergi Visi Utama yang diberikan kepercayaan  untuk melakukan Analisis Ekonomi Makro di Kabupaten Sanggau, ada beberapa kebijakan yang dapat ditempuh, yaitu: (1) Melakukan reformasi struktural; (2) Meningkatkan investasi; (3) Meningkatkan ketersediaan dan pemerataan infrastruktur; (4) Meningkatkan sumber pendanaan daerah; (5) Meningkatkan daya saing produk; (6) Mendorong terjadinya hilirisasi hasil pertanian; (7) Mendorong agar produk diolah lebih lanjut (memiliki nilai tambah); (8) Meningkatkan pemberdayaan UMKM; (9) Pengembangan industri manufaktur yang berorientasi ekspor; (10) Mengubah pola pikir serta sikap budaya masyarakat yang memiliki inovasi rendah, dari konsumtif yang primary product oriented menjadi manufactured product oriented; (11) Peningkatkan kapasitas tenaga kerja; dan (12) Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia masyarakat Kabupaten Sanggau khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Duabelas (12) instrumen tersebut dapat  menjadi bahan kebijakan dalam mewujudkan perekonomian yang inklusif di Kabupaten Sanggau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *